Uncategorized - November 27, 2019

Kebutuhan Nutrisi Saat Menyusui

Ketika Anda menyusui, kebutuhan nutrisi dan kalori Anda akan meningkat karena tubuh Anda menggunakan lebih banyak nutrisi yang Anda konsumsi untuk produksi ASI. Anda akan melihat bahwa Anda dengan mudah menjadi lapar dan keinginan Anda akan makanan meningkat. Jadi, Anda perlu memberi makan dengan baik untuk mendapatkan nutrisi dan kalori yang cukup untuk berfungsinya tubuh Anda. Beberapa ahli berpendapat bahwa ibu menyusui membutuhkan nutrisi yang lebih baik daripada yang mereka lakukan selama kehamilan. Ini karena kualitas makanan yang Anda konsumsi saat menyusui tidak hanya menentukan kualitas ASI Anda, tetapi juga seberapa cepat Anda mendapatkan kembali tubuh Anda yang belum hamil.

Meningkatkan asupan kalori Anda

Anda perlu menambah asupan kalori hingga 400 hingga 500 kalori per hari. Ini karena proses produksi ASI membutuhkan banyak energi. Meningkatkan asupan kalori Anda akan membantu meningkatkan tingkat energi Anda. Beberapa makanan yang akan meningkatkan asupan kalori Anda termasuk roti gandum, apel, yogurt bebas lemak, pisang, selai kacang, melon, beri, jeruk, prem dan makanan karbohidrat kompleks lainnya. Anda harus menghindari mengemil pada makanan cepat saji. Mereka hanya mengandung kalori kosong yang akan lebih membahayakan tubuh daripada meningkatkan asupan kalori Anda.

Tidaklah penting untuk melakukan diet khusus. Anda sebaiknya berkonsentrasi pada makanan sehat yang meningkatkan produksi susu. Rencana diet Anda harus terdiri dari diet seimbang. Akan baik untuk memasukkan berbagai makanan seperti buah-buahan, biji-bijian dan sayuran dalam rencana diet Anda. Ini akan membantu mengubah rasa ASI Anda. Dengan kata lain, bayi Anda akan mendapatkan rasa berbeda dari ASI yang akan membantunya untuk mulai makan makanan padat dengan cepat.

Mengambil lebih banyak cairan

Sebagai ibu menyusui, Anda harus selalu berusaha untuk tetap terhidrasi. Periksa warna urin Anda dan ambil lebih banyak air jika menjadi kekuningan. Ini pertanda Anda mengalami dehidrasi. Baik bagi Anda untuk mengambil hingga 8 gelas air per hari. Jika Anda tidak dapat menghitung berapa kali Anda minum per hari, maka Anda harus memastikan bahwa Anda minum air ketika Anda menyusui bayi Anda. Bayi biasanya menyusui hingga 8 kali sehari dan dengan minum saat menyusui bayi Anda, Anda akan dapat mengambil 8 gelas air dalam sehari.

Makanan yang harus dihindari

Jangan minum jus dan minuman manis. Mereka dapat membuat Anda menambah berat badan. Ini juga tidak baik untuk mengambil terlalu banyak kafein ketika Anda menyusui karena itu bisa masuk ke ASI Anda dan membuat bayi Anda tetap terjaga.

Minuman beralkohol tidak baik untuk ibu menyusui sehingga Anda harus menghindarinya juga. Ini karena mereka tidak baik untuk bayi Anda. Jika Anda ingin minum alkohol, maka Anda harus memilih susu formula daripada menyusui.

Anda juga harus menghindari makanan laut dengan kandungan merkuri yang tinggi. Contoh khas dari makanan tersebut termasuk king mackerel, hiu, tilefish dan swordfish.

Mengonsumsi suplemen

Jika Anda berpikir bahwa Anda tidak mendapatkan cukup vitamin dan mineral, temui dokter Anda. Ia mungkin akan meresepkan suplemen untuk Anda.

Menjaga kebutuhan nutrisi tubuh Anda sangat penting karena tidak hanya akan membantu bayi Anda mendapatkan nutrisi yang baik melalui Anda tetapi juga akan membantu Anda untuk tetap sehat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2019 | Theme By WPHobby. Proudly powered by WordPress